17 Oktober 2008

Alun-alun Majalaya tempo doeloe

Ciri khas tatanan suatu kota di tatar Sunda adalah adanya alun-alun, sekaligus merupakan titik sentral atau pusat kota. Di sebelah barat, biasanya ada Masjid Agung. Di sebelah timur adalah pusat pemerintahan, entah kantor desa, camat, bupati, dsb. Di sebelah utara adalah pusat pertokoan atau pasar, dan di sebelah selatan, biasanya rumah tahanan. Itu dulu! Sekarang tatanan tersebut sudah berubah seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi, atau jumlah penduduk yang semakin membengkak?!

Alun-alun Majalaya... sampai saat ini selalu dipakai untuk shalat ied setiap hari raya lebaran. Di bawah ini adalah suasana shalat ied di alun-alun Majalaya sekitar awal tahun 60-an.

Keterangan:
Foto 1:
Potret para tokoh Majalaya saat itu.
Dari kiri ke kanan: Ajengan Sobandi - H. Moch. Bahtiar Sopandi Idjradinata - Camat Majalaya (Feni Ilyas?) - H. Abdul Gofur - H. Sodikin - H. Abdul Syukur
Foto 2:
H. Ondjo Argadinata sedang bersalaman
Foto 3 dan 4:
Suasana shalat ied di alun-alun Majalaya

9 komentar:

totokf mengatakan...

assalamualaikum..
saya kerja di Telkom Majalaya. saat ini kami memiliki domain majalaya.info, barangkali teman2 majalaya ingin memanfaatkan, saya persilahkan..thx.

totokf@gmail.com

Reeone mengatakan...

Ass. wr. wb; hapunten abdi Mang Didin, nepangkeun abdi Rikrik Hermawan putuna Abah Oteng (Entang Muhtar Kondang) bin Abdul Gani (Ciwalengke), eyang teh gaduh aki namina Mama Nurhayat; bearti caket pisan ka kulawargi Aki Ageung Setiawan sareng Aki Alit; komo abdi mah rerencangan sareng Rudi oge Jajang Supriatna. Kumaha upami RAMA Majalaya teh buka oge group di FB, hatur nuhun.

Anonim mengatakan...

lanjutkan...

Unknown mengatakan...

Ooh...atuh ngiring bingah abdi panginten buyut ti aki mama noerhayat putuna aki andi soehandi noerhayat..abdi putra ti alm.yayat ruyatna bin andi soehandi noerhayat..

Unknown mengatakan...

Sampurasun kang Rama Majalaya nepang keun abdi helmi buyut ti H.Abdul Gofur saparako abdi bade nyungkeun foto nu pertama kang manawi aya nu teu acan di edit..upami aya tiasa di email ka helmytaufik02@gmail.com..hatur nuhun

Khairi Hamba mengatakan...

Assalamu'alaikum, sampurasun...mugia teu kaabototan saupami opat potret nu parantos diposting disuhunkeunhun (copys-paste)kaalayan kaikhlasan, kanggo dokumentasi draft tulisan anu ku sim kuring nuju dipidamel. Mugi ridho. Hatur nuhun kasaeanna. Wassalamu;alaikum.

Unknown mengatakan...

Ada yang tau jalan ini gak ya jalan pabandayan sukamamah majalaya rt IV RK III disinu tertera didkt mesjid majalaya dan alun2 dijalan tengah belakang kaum
Kalo ad yang tau dengan alamat ini tolong hub. Wa saya 082386251812
Karna saya mencari alamat keluarga saya

Yogs mengatakan...

Namina saya kebetulan saya rumah di belakang kaum kalo perlu wa saya 085794307855

Anonim mengatakan...

Nepangkeun, abdi cucu ti H. Uro Argadinata